Senin, 29 Oktober 20122komentar



               KEUTAMAAN (FADHILAH) SHOLAT BERJAMAAH




1.Pahalanya dilipatkan gandakan hingga dua puluh tujuh derajat.
Diterangkan dalam Hadits, Rosululloh saw bersabda: “Bahwa sholat berjamaah itu lebih utama dari pada sholat sendirian dengan nilai pahala dua puluh tujuh derajat” (Hr: Bukhori & Muslim). Artinya keutamaan yang Allah berikan disesuaikan dengan; keikhlasan, kekhusu’an, tuma’ninah, serta menjaga adab-

adab, sunnah-sunnah, dan hukum-hukum yang terkait dengan sholat berjamaah itu sendiri.

2.Keutamaan bagi yang sholat isya’ dan sholat subuh.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Barangsiapa yang menjaga sholat isya’ dengan berjamaah, maka seakan-akan seperti mengerjakan sholat selama separuh malam. Dan barangsiapa yang menjaga sholat subuh dengan berjamaah, maka seakan-akan seperti mengerjakan sholat selama semalam penuh (suntuk)”. (Hr: Muslim). Artinya bahwa sholat isya’ apabila dilakukan dengan berjamaah, maka nilai pahalanya sebanding dengan sholat yang dikerjakan selama separuh malam yang hanya dikerjakan sendirian, begitu juga dengan sholat subuh, apabila dikerjakan dengan berjamaah, maka nilai pahalanya sebanding dengan sholat yang dikerjakan selama semalam penuh yang hanya dikerjakan sendirian.

3.Termasuk amalan yang paling dicintai oleh Allah.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Sholat yang dikerjakan berdua lebih baik dari pada sendirian, dan sholat yang dikerjakan bertiga lebih baik dari pada berdua, dan semakin banyak dari pada itu, maka semakin lebih dicintai oleh Allah”. (Hr: Al hakim). Artinya sholat yang dikerjakan dengan berjamaah apabila semakin banyak yang mengerjakannya, maka Allah semakin senang dan cinta kepadanya.

4.Akan disediakan (dikabulkan) semua keinginannya disyurga.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Barangsiapa yang berangkat kemasjid pada pagi hari dan sore hari, maka Allah akan menyediakan baginya hidangan di syurga tiap pagi hari dan sore hari”. (Hr: Bukhori & Muslim). Artinya keutamaan ini hanya diberikan oleh Allah kepada mereka yang selalu melazimi (menjaga) sholat lima waktunya dengan berjamaah mulai waktu pagi hingga sore hari.

5.Mendapat dua kebaikan berupa dihapus kesalahannya dan diangkat derajatnya.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “sesungguhnya jika kalian berwudhu lalu memperbagus wudhunya, kemudian berangkat kemasjid, tidak ada yang diharapkan kecuali hanya sholat berjamaah, melainkan langkah kaki yang pertama Allah akan mengangkat derajatnya, dan langkah kaki yang kedua Allah akan menghapus kesalahannya (dosanya) hingga dia masuk masjid”. (Hr: Bukhori & Muslim). Artinya setiap langkah kedua kakinya yang diayunkan kerumah-rumah Allah (masjid), maka akan menjadi bukti tentang keutamaan dan keistimewaan yang Allah berikan kepadanya berupa penghapusan dosa dan ketinggian derajat.

6.Mendapat syafa’at (pembelaan) pada hari kiamat berupa naungan dipadang masyar.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Tujuh golongan yang akan dinaungi (dilindungi) oleh Allah, yang mana tidak ada naungan (perlindungan) pada hari kiamat nanti, kecuali naungan-Nya; lalu Beliau menyebutkan salah satunya adalah seorang pemuda yang hatinya selalu gandrung (rindu) dengan masjid”. (Hr: Muslim). Artinya orang yang masa hidupnya selalu melazimi (menjaga) sholat lima waktunya dengan berjamaah dimasjid, disebabkan cintanya dia dengan Allah, maka di hari kiamat nanti Allah akan menyelamatkan ujian hisab (pengadilan) dipadang masyar yang lamanya sampai lima puluh ribu tahun.

7.Para malaikat Allah senantiasa memohonkan ampunan dan mendoakannya.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Apabila seseorang masuk ke masjid, kemudian dia menjalankan sholat berjamaah sesuai dengan kemampuannya, maka para malaikat senantiasa berdoa untuknya, yaitu; “Ya, Allah ampunilah dia, dan berilah rahmat kepadanya”, doa ini terus diucapkan oleh para malaikat selama orang tersebut belum berhadats (batal dari wudhunya)”. (Hr: Bukhori & Muslim). Artinya keistimewaan dan keutamaan orang selalu hadir untuk menjalankan sholat berjamaah dimasjid, mereka tidak hanya mendapatkan doa dari kalangan manusia saja, namun para malaikatpun sebagai utusan Allah ikut juga mendoakan

8.Dijauhkan dari golongan orang-orang munafik dan adzab (siksa) dineraka.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Barangsiapa menjalankan sholat hanya karena Allah selama empat puluh hari dengan berjamaah, kemudian mendapatkan takbirotul ikrom (rakaat pertama), maka akan dicatat baginya dua keutamaan: yang pertama akan dijauhkan dari siksa dineraka pada hari kiamat. Yang kedua akan dijauhkan dari kelompok orang-orang munafik”. (Hr: Tirmidzi). Artinya keutamaan yang Allah berikan ini disesuaikan dengan keikhlasan, kesungguhan dan semangat untuk selalu mendapatkan takbirotul ikrom bersama imam ketika sholat berjamaah.

9.Tidak akan mudah dikuasai (digoda) oleh syaithon.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Tidak ada tiga orang yang hidup dikota atau didesa, kemudian mereka tidak menegakkan (menjalankan) sholat berjamaah, maka syaithon akan menguasai mereka, oleh sebab itu hendaknya kalian sholat berjamaah, karena serigala akan memakan domba yang sendirian”. (Hr: Al Hakim, Ahmad & An Nasa’i). Artinya orang yang tidak mau melaksanakan sholat berjamaah padahal dia mampu, maka tandanya dia telah masuk perangkap syaithon, dan syaithon akan semakin leluasa untuk menggoda dan menyesatkannya.

10.Mendapat cahaya yang sempurna pada hari kiamat.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang selalu berjalan ke masjid di kegelapan malam, berupa cahaya yang sempurna pada hari kiamat nanti”. (Hr: Tirmidz). Artinya cahaya Allah pada hari kiamat nanti akan diberikan kepada orang-orang yang beriman dan bertaqwa yang senantiasa menjaga amal-amal sholihnya,terutama ibadah sholatnya dengan berjamaah.

11.Sebagai tanda orang yang mendapat petunjuk Allah (hidayah Allah).
Diterangkan dalam Al Qur’an, Allah berfirman: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah itu adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta yang selalu mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut kepada siapapun kecuali hanya kepada Allah, maka mereka itulah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan yang mendapat petunjuk”(At Taubah: 18). Artinya golongan yang mendapat petunjuk didunia dan mendapat keselamatan di akhirat yaitu kelompok orang-orang yang beriman yang senantiasa menjalankan ibadah sholat lima waktu dengan berjamaah di rumah-rumah Allah, menunaikan zakat dan tidak melanggar aturan-aturan yang diharamkan oleh Allah.

12.Disaksikan bahwa dia sebagai hamba-hamba Allah yang beriman.
Diterangkan dalam hadits, Rosululloh saw bersabda: “Apabila kalian melihat seseorang yang selalu berangkat ke masjid (untuk menunaikan sholat berjamaah), maka saksikanlah bahwa dia betul-betul orang yang beriman”. (Hr: Tirmidzi). Artinya salah satu tanda keimanan seseorang bisa dilihat secara bukti nyata (dhohir), yaitu dengan melazimi (menjaga) sholat berjamaahnya lima waktu secara rutin (kontinyu).

Nb: semoga risalah yang kami tulis diatas dapat memberikan motivasi dan semangat untuk selalu menjaga kewajiban-kewajiban Allah, dan salah satu kewajiban yang Allah bebankan kepada kita adalah sholat berjamaah.

Wallahu A’lam Bish Showab Wahuwal Musta’an.

Al Faqir: Abu Syafiq, 1 Juni /jum’at/2012.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

29 Oktober 2012 pukul 01.04

gan gmn ane merasa kurang sreg dengan imam kampung ane??ane merasa rukun sholatnya tidk lengkap rukunnya seperti tdk ada tuma'ninah, jd kesannya seperti sholat yg super cepat.

Ane jarang sholat jemaah ya karean sebab itu td gan. minta pendapatnya dong

29 Oktober 2012 pukul 20.59



blahoq
29 Oktober 2012 01:04

gan gmn ane merasa kurang sreg dengan imam kampung ane??ane merasa rukun sholatnya tidk lengkap rukunnya seperti tdk ada tuma'ninah, jd kesannya seperti sholat yg super cepat.

Ane jarang sholat jemaah ya karean sebab itu td gan. minta pendapatnya dong
_____

ya itulah realita kebnyakan yg trjadi dimasyarakat.bukan hnya tempat ente saja bang,di kampung saya jg bgitu.apa lg kalau pas sholat teraweh,rakaatnya bnyak dan gerakannya super cepet hadeeh :D

mnurut ane pribadi ya,kalau cari masjid yg imam nya bagus alias pindah sholat.andai g bisa,dgn berat hati kita tetp ikut imam itu dgn sabar.jgn karena alasan imamnya g bagus nanti g sholat brjamaah,ini g benar.dgn ttp brjama'ah insha allah kita ttp dpt pahala keutamaannya.dlm sholat kan yg paling brtanggung jwb imam nya kan? hehee
afwan klo salah,rekan2 fb silahkan tambahkan pencerahannya..

Posting Komentar

 
Support : Saracen Militans | by | Mas Kolis
Copyright © 2012. Saracen Militans - All Rights Reserved
Template Creating by Mas Template
Powered by Blogger